Wednesday, December 30, 2015

#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur Semarang

#Gaztrogram NASI GANDUL PAK SUBUR SEMARANG, makanan khas Pati di Semarang

NASI GANDUL PAK SUBUR

Hey hey kalyan. Kalyan kangen kulineran bareng Doki yakan. Doki mau ajak kalyan mencicipi kuliner khas Pati yang terkenal di kota Semarang. Apa kalyan tahu nasi gandul? Ada yang pernah coba? Kali ini Doki akan mengulas tentang nasi gandul khas Pati ini.

Nasi gandul merupakan nama makanannya cukup unik ya. Gandul itu merupakan bahasa Jawa yang artinya menggantung/gelantungan. Sama seperti nasib kamu ya yang sedang diganduli gebetannya (gebetan = calon pacar/orang yang kamu suka) haha. Diapelin iya, dikasih status tidak.

(Gambar 2. Nasi gandul pak Subur. Jl KH Ahmad Dahlan, Semarang. Depan RS Telogorejo)

Mengapa dinamakan nasi gandul ya? Karena dina lapar, sehingga makan nasi gandul haha (lelucon tahun 90an). Dinamakan nasi gandul karena dulu penjual nasi gandul di Pati menjajakan makanan ini dengan menggantung dagangannya keliling kampung.

Nasi Gandul Pak Subur

Nasi gandul adalah sebuah kuliner khas Pati (kota di utara Jawa Tengah) yang menyajikan nasi dengan lauk daging disiram kuah berbumbu dan kecap manis. Nasi gandul disajikan diatas piring dengan daun pisang seperti gambar 3 dibawah ini.

(Gambar 3. Nasi gandul khas Pati tersaji diatas daun pisang)

Sekilas jika dilihat, nasi gandul mirip dengan nasi pindang. Bedanya nasi pindang kuahnya berwarna hitam karena menggunakan kluwak, sedangkan nasi gandul menggunakan bumbu rempah-rempah yang disangrai/digongso terlebih dahulu kemudian baru dicampurkan ke kuahnya.

(Gambar 4. Proses penyajian nasi gandul. Langsung pilih lauknya sendiri pemirsa)

Waktu penyajian nasi gandul terbilang cukup cepat. Prosesnya adalah menyiapkan daun pisang diatas piring, menaruh seporsi nasi, memilih lauk, menggunting-gunting lauk diatas nasi, menuang kecap serta bawang goreng, dan menyiramnya dengan kuah rempah-rempah. Selesai deh, hanya 2 menit.

(Gambar 5. Kuah rempah-rempah super nikmat sedang dituang dan nasi gandul siap disajikan)

Kuah nasi gandul yang berwarna coklat ini memang luar biasa. Aroma kuahnya sungguh harum bumbu-bumbu. Aroma kuah nasi gandul yang tercium membuat mulut kalyan semakin berair dan perut kalyan berteriak liar nan manja. "telan, ayo telan semua, ayo lahap habis semuanya" teriak si perut. Hap!

(Gambar 6. Lauk-lauk untuk nasi gandul. Ada telur, daging, otak, dan lain-lain. Harga Rp 9000)

Ada berbagai macam lauk yang bisa kamu pilih untuk nasi gandul costum ala kalyan. Kalyan bisa pilih antara telur, daging, paru, babat, usus, otak, dan koyor/kikil. Kalau kesukaan Doki adalah otak, babat, dan usus karena rasanya gurih manis manja. Harga 1 lauk ini adalah Rp 9000 dan telur Rp 5000.

Seporsi Nasi Gandul Pak Subur

(Gambar 7. Seporsi nasi gandul pak Subur. Harga Rp 13.000 dengan 1 jenis lauk)

Mari mencicipi nasi gandul ini.

Bagaimana rasanya Dok? Mari kita berdoa dahulu sebelum makan. Bismillah! Suapan Pertama, nyam. Subhanallah. Enak Binggo (Binggo = banget)! Ketika Doki merasakan suapan pertama, Doki langsung terbuai oleh salah satu kenikmatan dunia. Doki langsung melahap nasi gandul ini tak jemu-jemu.

(Gambar 8. Nasi gandul akan lebih nikmat jika dinikmati bersama gorengan, sambal, serta gebetan)

Ini nasi gandul udah paling bener deh. Enaknya hacep sob (hacep sob = pecah bro)! Duh abang lemes dek, tapi tegang dek lidah sama pipi abang tegang dek karena sibuk ngunyah nasi gandul hacep ini. Kalyan bisa menambahkan sambal, kecap, dan jeruk nipis juga. Jangan lupa gorengannya hehehehe.

(Gambar 9. Lauk-lauk nasi gandul yang menggugah selera. Bikin mau nambah aja)

Ukuran porsi nasi gandul memang tidak banyak. Bagi yang laper, biasanya pengunjung akan nambah 2-3 porsi. Fix banget sih Doki nambah. Kalau tadi Doki pakai lauk otak, babat, usus; sekarang Doki mau coba lauk daging dan koyor/kikil. Nambah gak dosa kok, yang dosa kalau gak bayar hehehehe.

(Gambar 10. Suasana warung tenda nasi gandul pak Subur. Selalu ramai dan sold out)

Lokasi nasi gandul pak Subur ini memang di pinggir jalan depan RS Telogorejo. Tempat ini berupa warung tenda dan baru buka pada sore hari sekitar pukul 17.30. Nasi gandul pak Subur biasanya tutup jika sudah habis yaitu sekitar pukul 22.00 malam.

(Gambar 11. Musik dan lantunan lagu dari seniman jalanan menemani santap malam disini)

Disini terdapat musisi jalanan yang sudah menjadi langganan tetap untuk berkarya di tempat ini. Lantunan lagu jawa dan pop Indonesia bisa kita dengarkan sambil makan piring ke 3 nasi gandul super enak ini. Bisa request lagu juga lho.

Doki mau request lagu ah, lagunya Skrillex & Diplo feat Justin Bieber yang "where are u now". Namun karena senimannya gak tahu lagu tersebut karena yang request juga gak tahu diri, akhirnya mereka memainkan lagu "goyang dumang" by Cita Citata. TARIK MANG sampai piring ke 5 hahahaha.

(Gambar 12. Nasi gandul pak Subur yang harus kalyan coba jika ke Semarang)

Doki sangat ketagihan dengan nasi gandul ini. Rasanya enak sekali, kuah berbumbu yang masih hangat membuat nasi gandul ini semakin nikmat, dan yang paling juara adalah lauk-lauknya. Nasi gandul yang original saja sudah hacep sob, apalagi kalyan tambah sambel dan jeruk nipis. Beh, asli nikmat.

Doki pesan 1 porsi nasi ditambah 2 lauk lagi. 1 porsi nasi dengan 1 lauk itu harganya Rp 13.000 (Nasi Rp 4.000) dan 2 lauk tambahan harganya Rp 18.000 (1 lauk Rp 9000). Jadi totalnya adalah Rp 31.000 dan ini baru piring pertama. Doki nambah 3 piring hahahaha. Harga gorengan disini 1 gorengan Rp 1000 dan kerupuk Rp 2000. Habis lebih dari Rp 50.000 tidak apa-apa soalnya enak banget sih.

Doki sangat merekomendasikan kalyan untuk mencoba nasi gandul pak Subur ini. Dijamin, pasti kalyan ketagihan dan akan jadi pelanggan setia. Memang ya makanan paling enak itu adalah makanan Indonesia yang dijajakan di pinggir jalan. Lidah memang tidak bisa bohong. Yuk kita ke Semarang! Hehehehe.

#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur

Nasi Gandul Pak Subur

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan depan RS Telogorejo, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon: -
Harga: mulai dari Rp 13.000
Instagram: -

Rasa: 4 Jempol (4/5)
Pelayanan: 4 Jempol (4/5)
Kebersihan: 3 Jempol (3/5)
Suasana: 4 Jempol (4/5)

Parkiran: ada, tapi sulit
Wifi: tidak ada
Mushola: tidak ada, adanya di RS seberang, di lantai dasar
Pembayaran: cash


#Gaztrogram Nasi Gandul Pak Subur = 4 Jempol (4/5)

Salam Gaztrogram
Terima Kasih

#Gaztrogram Simpang Lima Residence

#Gaztrogram Simpang Lima Residence, the right choice in Semarang

Simpang Lima Residence

Hey hey kalyan. Ketemu lagi sama Doki di Semarang. Tadi Doki habis keliling simpang lima Semarang. Simpang Lima selalu ramai di kala malam menjelang. Doki menyebrang ke lapangan simpang lima dan melihat banyak pedangan serta orang-orang yang sedang santai. Mereka pada gelar tiker lho hehehehe.

Jalan-jalan mengelilingi simpang lima ternyata seru juga dan bisa bikin lupa waktu. Doki sampai tidak sadar kalau ternyata Doki sudah berkeliling selama 2 jam lebih, haduh lelah kakak. Dari lapangan simpang lima, Doki melihat banyak hotel dan mall yang mengelilingi simpang lima.

Kira-kira ada gak ya hotel yang berbeda di sekitar area simpang lima. Mari menuju jalan KH Ahmad Dahlan untuk mencari penginapan.

(Gambar 2. Simpang Lima Residence tampak depan)

Simpang Lima Residence

Jalan KH Ahmad Dahlan merupakan jalan yang cukup ramai. Disini, kalyan bisa menemukan banyak tempat makan juga. Saat Doki melewati jalan ini dari arah simpang lima, Doki melihat simpang lima residence yang cukup ramai oleh orang-orang. Ternyata sumber keramaian ini adalah cafe dengan life music dari simpang lima residence dan ini juga merupakan sebuah hotel.

Simpang lima residence adalah sebuah bangunan 6 lantai yang di dalam nya terdapat hotel di lantai 1 sampai 5, cafe yang buka 24 jam di lantai 2, dan sebuah indoor roof top lounge di lantai 6. Simpang lima residence terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan No. 6B Semarang, Indonesia.

(Gambar 3. Simpang lima residence. Jl. KH Ahmad Dahlan No. 6B, Semarang)

Simpang lima residence memiliki hotel dangan fasilitas lengkap. Hotel disini memiliki fasilitas laundry, shuttle car ke bandara atau Jl Pandanaran, valet parking, internet Wi-Fi, ruang serbaguna/rapat, dan penyewaan mobil.


(Gambar 4. Lobi hotel  simpang lima residence. Lobi sekaligus buffet restoran)

Simpang lima residence memiliki cafe yang buka 24 jam yaitu River View Cafe. River view cafe menampilkan live music pada malam hari. Walaupun buka 24 jam, keramaian cafe ini tidak mengganggu penghuni hotel. Terdapat L6 Lounge di lantai 6 untuk bersantai sambil melihat view kota Semarang.

Kamar Hotel Simpang Lima Residence

(Gambar 5. Koridor kamar standard hotel simpang lima residence di lantai 1)

Hotel di simpang lima residence memiliki 2 jenis kamar yaitu kamar tipe standard dan kamar tipe deluxe. Terdapat 10 kamar standard di lantai 1 dengan harga Rp 325.000 dan 26 kamar deluxe di lantai 2 sampai 5 dengan harga Rp 389.000. Jika kalyan memesan online harganya akan lebih murah.

(Gambar 6. Kamar standard hotel simpang lima residence. Harga Rp 325.000)

Kamar standard hotel simpang lima residence memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Kamar ini memiliki 1 tempat tidur dan toilet. Kamar ini tidak memiliki jendela dan membuat terkesan agak sempit.

(Gambar 7. Kamar deluxe hotel simpang lima residence. Harga Rp 389.000)

Nah, Doki mencoba pindah ke kamar deluxe di lantai 5 dan terkesima dengan kamar ini. Kamar deluxe seperti memiliki ukuran 2x lipat kamar standard dan memiliki kenyamanan yang double pula. Terdapat extra sofa super nyaman dan bisa merokok di kamar ini.

(Gambar 8. Fasilitas di kamar deluxe hotel simpang lima residence)

Fasilitas di kamar deluxe juga lebih banyak. Ada meja yang cukup instagenic, kulkas, lemari pakaian yang besar, safety box, dan kamar mandi yang lebih luas. Doki sih langsung suka sama kamar ini karena bagus, nyaman, dan lengkap.

(Gambar 9. Kamar deluxe hotel simpang lima residence)

Kamar ini memiliki jendela yang lebar sehingga Doki bisa mengintip pemadangan kota Semarang siang dan malam dari lantai 5. Kamar ini juga punya connecting door antar kamar sehingga kalau liburan bersama keluarga bisa menggunakan pintu ini jika ingin berkunjung ke kamar lain.

Wifi disini juga kenceng banget. Pas banget bagi kamu yang mau main sosmed seharian kalau males keluar pas siang hari karena panas. Kasurnya juga empuk dan bikin males untuk gerak kalau sudsh tiduran. Kalau laper, kalyan bisa pesen makanan dan diantar ke kamar. Asik yakan! Hehehehe.

Secara keseluruhan sih Doki sangat merekomendasikan hotel ini buat menginap kalau kalyan akan ke Semarang. Fasilitas lengkap banget. Harganya juga pas hanya 300 ribuan dan berada di pusat kota.

Mau internetan lancar, mau nonton ke mall tinggal jalan 3 menit, bosen di kamar tinggal jalan ke simpang 5 cuma 3 menit, mau cari oleh-oleh ada shuttle car, mau sewa mobil tinggal ke bawah, mau kulineran tinggal ke sebrang jalan, mau romantis-romantisan ada lounge di lantai 6, dan kalau gak bisa tidur ada cafe di bawah yang buka 24 jam. Kurang apa coba! Kalau Doki ke Semarang lagi, pasti Doki akan menginap disini lagi.

(Gambar 10 yang juga gambar 3. Simpang lima residence)

#Gaztrogram Simpang Lima Residence

Simpang Lima Residence

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No. 6B Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon:(+62)24 8453 949, HP (+62)812 2532 2216
Harga: mulai dari Rp 325.000
Instagram/link: @simpanglimaresidence, www.simpanglimaresidence.com, slrsmg@gmail.com
 

Kamar: 3 Jempol (3/5)
Pelayanan: 4 Jempol (4/5)
Kebersihan: 4 Jempol (4/5)
Suasana: 4 Jempol (4/5)

Parkiran: ada, ada valet juga
Wifi: ada
Mushola: ada di lantai 1
Pembayaran: cash, debit, credit

#Gaztrogram Simpang Lima Residence = 4 Jempol (4/5)
Salam Gaztrogram
Terima Kasih

Tuesday, December 29, 2015

#Gaztrogram Nasi Ayam/Nasi Liwet Ibu Widodo Simpang Lima Semarang

#Gaztrogram Nasi Ayam/Nasi Liwet Ibu Widodo Simpang Lima

NASI AYAM/NASI LIWET IBU WIDODO SIMPANG LIMA

Hey hey kalyan. Apa kabar kalyan? Semoga bahagia selalu sperti Doki. Kemarin Doki sudah bercerita tentang tempat penginapan Doki yang homey banget yakan. Sekarang Doki mau cerita pengalaman wisata kuliner Doki di Semarang. Doki mau jalan ke simpang lima ah.

Ngomong-ngomong tentang simpang lima, kalyan tahu kan simpang lima itu area apa di semarang. Simpang lima itu adalah area lapangan di pusat kota yang dikelilingi jalan raya yang berjumlah 5 simpangan jalan dan dikelilingi oleh pedagang kali lima serta hotel-hotel disekitarnya. Area simpang lima mulai ramai saat sore menjelang malam hari karena kalau siang panas banget disini.

Doki keliling simpang 5 dengan berjalan kaki karena Doki penasaran ingin melihat semua spot di simpang lima. Perhatian Doki langsung tertuju pada keramaian di sudut jalan KH Ahmad Dahlan. Ooo ternyata kerumunan itu adalah orang-orang yang sedang antri Nasi Ayam Ibu Widodo.

Nasi Ayam Ibu Widodo

(Gambar 2. Nasi Ayam Ibu Widodo. Tempatnya lesehan di trotoar simpang lima)

Nasi ayam ibu Widodo adalah tempat makan di pinggir jalan yang hanya buka pada malam hari. Tempat ini hanya berupa lesehan beralaskan tiket di sisi trotoar simpang lima dan buka pada pukul 7 setiap malam. Nasi ayam ini disajikan langsung oleh ibu Widodo yang ramah dan baik hati.

(Gambar 3. Seporsi nasi ayam + potongan paha ayam. Harga Rp 10.000 + Rp 8.000 paha ayam)

Seporsi nasi ayam ini berisikan nasi, ayam suwir, tahu tempe, sayur labu, dan telur rebus. Kita bisa pilih tambahan ayam atau sate jeroan lainnya seperti sate usus, sate telur, sate ati, sate ampela, sate jantung, dan gorengan.

 (Gambar 4. Sate Jeroan dan makanan pendamping lainnya. Harga Rp 1000 - Rp 10.000)

Saat kalyan makan disini, Kalyan akan duduk lesehan diatas tiker dan di depan kalyan tersaji berbagai macam sate dan makanan pendamping. Rasa sate-sate ini lumayan enak tetapi, bagi para penggemar jeroan pasti doyan banget.

Seporsi Nasi ayam

(Gambar 5. Seporsi nasi ayam yang siap disantap)

Yuk kita cobain nasi ayam ini.
Bagaimana rasanya Dok? Hmmm hangat dan nikmat. Suapan pertama nasi ayam ini sungguh nikmat dan langsung meningkatkan selera makan. Rasa ayamnya juga gurih, bumbu kuning dari kuahnya meresap sampai ke dalam daging ayam. Rasanya di dominasi oleh asin, gurih, dan bumbu kunyit yang santai. Telurnya juga terasa manis dan sayur labunya terasa pas asinnya. Kombinasi yang enak deh.

(Gambar 6. Makanan pelengkap yang bisa kamu ambil langsung sendiri saat bersantap)

Nasi ayam tersebut memang tidak memiliki terlalu besar porsinya. Kalyan bisa tambah potongan ayam atau sate jeroan agar membuat kalyan semakin puas. Ingat, kalyan harus jujur ya mangambil jumlah sate atau gorengan nya walaupun ibu Widodo tidak melihat. Kalo bohong, nanti kalyan dikutuk jadi ayam-ayaman hehehehe.

(Gambar 7. Ibu Widodo yang ramah sedang membuatkan seporsi nasi ayam)

Nah, ini dia ibu Widodo si penjual nasi ayam yang ramah itu. Beliau sangat baik orangnya dan sangat sabar. Nasi ayam buatan beliau pun enak rasanya. Beliau dibantu oleh beberapa asisten saat melayani pengunjung. Oh iya nasi ayam ini disajikan bersama kuah gurih dari sayur ditambah bumbu sedap lainnya sehingga nasi ayam ini dibilang nasi liwet.

Secara keseluruhan, bersantap malam di lesehan nasi ayam ibu Widodo ini sungguh menyenangkan. Kita bisa langsung melihat suasana simpang lima dan bercanda santai bareng teman-teman disini sambil makan enak. Setelah kenyang bersantap disini, kalyan bayar langsung ke ibu Widodo dan bilang tambahan satenya apa saja. Harganya tidak mahal kok hanya Rp 10.000 untuk seporsi nasi ayam dan sate jeroannya mulai dari Rp 1000 rupiah saja. Kalau harga potongan ayam bervariasi seperti kepala ayam Rp 5000, brutu Rp 5000, paha Rp 8000, dada Rp 13.000, dan lain lain.

#Gaztrogram Nasi Ayam Ibu Widodo Simpang Lima

Nasi Ayam Ibu Widodo

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon: -
Harga: Rp 1.000 - Rp 13.000
Instagram: -

Rasa: 3 Jempol (3/5)
Pelayanan: 4 Jempol (4/5)
Kebersihan: 2 Jempol (2/5)
Suasana: 3 Jempol (3/5)

Parkiran: sulit
Wifi: tidak ada
Mushola: tidak ada
Pembayaran: cash

#Gaztrogram Nasi Ayam Ibu Widodo = 3 Jempol (3/5)

Salam Gaztrogram
Terima Kasih

#Gaztrogram Java Banana Residence & Cafe Semarang

#Gaztrogram Java Banana Residence Semarang, your home when you are away 

Java Banana Residence & Cafe  

Hey hey kalyan. Doki mau tanya nih sama kalyan. Apa kalyan sudah pernah liburan atau berkunjung ke kota Semarang? Kalau sudah pernah, kalyan nginap dimana selama di Semarang? Hehehehe jangan bilang kalo kalyan ternyata menginap di rumah eyang atau di rumah si Om. Kebanyakan orang pasti akan merekomendasikan untuk menginap di hotel area sekitaran simpang lima, YAKAN!

(Gambar 2. Java Banana Residence tampak depan)

Memang area simpang lima Semarang sudah sangat terkenal dimana-mana dan banyak terdapat hotel di sekitar simpang lima mulai dari yang murah sampai yang mahal. Kali ini Doki akan bercerita tempat menginap Doki yang anti mainstream dan sedikit menjauh dari area simpang lima. Yup, Doki menginap di Java Banana Residence & Cafe di area Semarang atas, sekitaran Bukit Sari.

Java Banana Residence & Cafe Semarang

Java Banana Residence Semarang adalah sebuah premium guest house yang memiliki fasilitas premium layaknya hotel bintang lima. Java Banana Residence beralamat di Jl. Bukit Raya No. 14 Bukit Sari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Java banana residence juga memiliki cafe yaitu Java Banana Cafe.

(Gambar 3. Java banana residence & cafe. Jl. Bukit raya No. 14 Bukit Sari, Semarang)

Java banana residence mempunyai tagline "your home when you are away" sepertinya memang pantas disematkan untuk tempat ini. Guest house ini mengadaptasi suasana rumah yang nyaman sebagai penginapan layaknya hunian besar bersama keluarga besar lainnya untuk berkumpul.

(Gambar 4. Ruang Keluarga yang nyaman di lantai 1 untuk berkumpul)

Java banana residence mempunyai 3 lantai dengan 1 basement untuk parkir. Lantai 1 memiliki teras lobi, ruang resepsionis, kamar hunian, dan ruang berkumpul yang nyaman. Ruang berkumpul ini memiliki meja dan kursi kayu yang besar seperti gambar 4 diatas.

(Gambar 5. Ruang lesehan untuk berkumpul di lantai 2. Pendopo)

Lantai 2 memiliki kamar hunian, ruang berkumpul keluarga berupa pendopo untuk lesehan, dan area cafe dari Java Banana Cafe. Tempat lesehan seperti gambar 5 diatas merupakan area paling nyaman untuk bersantai. Suasana disini sangat tenang, jauh dari hingar-bingar kehidupan gegap-gempita kota. Cocok banget untuk menginap bersama keluarga.

Kamar hunian Java Banana Residence

Nah, teman-teman sudah lihat tempatnya yakan. Sekarang cek kamarnya yuk. Jika java banana residence punya tagline "your home when you are away", maka akan seperti apa ya kamarnya.

(Gambar 6. Kamar deluxe Java Banana Residence. Rp 540.000)

Nah, seperti gambar no 6 ini kamarnya, kamar yang sangat nyaman. Java banana residence memiliki deluxe room yang sangat homey. Kamarnya memiliki desain hampir mirip kamar tidur kalyan di rumah yakan.

(Gambar 7. Deluxe room java banana residence)

Memiliki fasilitas yang lengkap layaknya hotel premium, kalyan yang penggila sosmed tidak perlu khawatir karena ada wifi juga disini. Nah, coba kalyan tengok itu lantainya seperti di gambar 7, lantai yang instagenic bukan. Jadi kalyan bisa bikin foto-foto yang kekinian buat di media sosial.

(Gambar 8. Toilet dari kamar deluxe Java Banana Residence)

Sekarang coba cek toiletnya, bagus yakan. Kalyan bisa selfie-selfie sampai puas disitu hehehehe. Toilet setiap kamar sudah dilengkapi dengan air hangat dan dingin. Toiletnya pun terlihat sangat bersih.

(Gambar 9. Java Banana Cafe)

Java banana residence juga mempunyai sebuah cafe yaitu java banana cafe di teras bagian depan lantai 2 dan lantai 3. Cafe disini menyajikan menu yang bervariasi dan enak-enak. Java banana cafe memiliki desain yang cukup instagenic. Jadi cocok banget deh kalyan hang out disini sama teman-teman kalyan sambil berfoto-foto ria yang ala-ala foodies gitu.

(Gambar 10. Java banana cafe tampak dari atas)

(Gambar 11. Java banana cafe yang cozy & instagenic)

Secara keseluruhan, Java banana residence & cafe memang sangat nyaman dan pas buat tempat menginap bersama keluarga. Suasana yang tenang, asri, fasilitas yang lengkap, desain yang seperti rumah menjadikan perjalanan kalyan bersama keluarga di Semarang akan semakin berkesan. Doki merekomendasikan menginap disini jika kalyan liburan ke Semarang agar kalyan mendapatkan pengalaman suasana yang berbeda.

#Gaztrogram Java Banana Residence Semarang

Java Banana Residence & Cafe

Alamat: Jl. Bukit Raya No 14 Bukit Sari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon:(+62)24 7475327
Harga: mulai dari Rp 540.000
Instagram/link: @javabanana.id, www.java-banana.com, info@java-banana.com
 

Kamar: 3 Jempol (3/5)
Pelayanan: 3 Jempol (3/5)
Kebersihan: 4 Jempol (4/5)
Suasana: 3 Jempol (3/5)

Parkiran: ada
Wifi: ada
Mushola: solat sendiri di kamar masing-masing
Pembayaran: cash, debit, credit

#Gaztrogram Java Banana Residence & Cafe Semarang = 3 Jempol (3/5)


Salam Gaztrogram
Terima Kasih

Monday, December 28, 2015

#Gaztrogram Soto Ayam Bokoran Semarang


#Gaztrogram SOTO AYAM BOKORAN SEMARANG

SOTO AYAM BOKORAN, Soto Paling Diincar di Semarang 

Hey kalyan. Apa kalyan ini pecinta soto? Kalau kalyan memang fans berat semua jenis soto, kalyan wajib cobain soto ayam bokoran ini kalau berkunjung ke Semarang. Soto ayam bokoran merupakan salah satu kedai soto ayam yang terkenal di Semarang.

 (Gambar 2. Soto ayam bokoran tampak depan. Jl. Plampitan No 55 Semarang)

Soto ayam bokoran Jl. Plampitan No. 55 Semarang
 
Soto ayam bokoran yang terkenal ini terletak di jl Plampitan no 55 Semarang. Kedai soto ayam ini tempatnya tidak terlalu besar karena hanya memiliki 3 meja kayu besar untuk kurang lebih 30-40 pengunjung dan 1 meja utama di depan tempat penyajian soto yang mampu menampung 7 orang saja.

Tempat makan ini terbilang masih sederhana. Kalyan jangan membayangkan ada spot yang instagenic disini. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung setiap paginya. Soto ayam bokoran ini memang paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena soto ayam ini tersaji hangat dan porsinya tidak terlalu besar. Semakin ramai pengunjung, suasana ruangan pun akan semakin panas.

 (Gambar 3. Tempat penyajian soto ayam bokoran. Langsung di depan meja kita)

Soto Ayam Bokoran ini sudah terkenal seantero Jawa Tengah. Tidak heran makanya saat Doki berkunjung kesini ramai sekali pengunjungnya dan Doki harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Untung saja pengunjung yang datang kesini makannya cepat, sehingga Doki dapet tempat duduk karena pengunjung datang silih berganti.

(Gambar 4. Proses penyajian soto ayam bokoran)

Menu di kedai soto ayam bokoran ini hanya ada 1 jenis menu saja yaitu semangkok soto ayam yang sangat enak. Kalyan bisa minta kepada pelayan untuk penyajian 1 porsi, setengah porsi, atau tanpa nasi. Semangkok soto ayam ini bisa kalyan santap bersama makanan pendamping seperti perkedel, sate telor, sate usus, sate kerang, potongan ayam, dan lain lain.

(Gambar 5. Menikmati semangkok soto ayam dengan makanan pendamping lainnya)

Semangkok soto ayam

(Gambar 6. Menikmati semangkok soto ayam dengan teh manis hangat)

Inilah saatnya Doki menikmati semangkok soto ayam yang terkenal ini. Satu mangkok soto ayam terdiri dari nasi, bihun, irisan daun seledri, potongan ayam, bawang goreng, dan kuah soto yang hangat. Ah, asap yang mengepul dari semangkok soto ini langsung membuat selera makan meningkat. 

Bagaimana rasanya Dok? Nah ini dia, tidak salah apa yang orang-orang bilang. Soto ayam bokoran ini enak sekali. Kuah bening di soto ini sangat terasa kaldu ayamnya. Belum dicampur macem-macem saja sudah enak. Mulut Doki langsung dibanjiri air liur yang bercampur dengan soto. Bagi yang doyan pedas, kalyan bisa langsung menambah sambal dan lada. Jangan lupa juga tambah perkedel dan aneka ragam sate selama menikmati soto ini. Rasanya menjadi semakin enak.

(Gambar 7. Perkedel dan sate kerang menjadi menu pelengkap favorit disini. Harga Rp 1000 - Rp 10.000)

Ada banyak makanan pelengkap untuk menemani soto ayam bokoran. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya berkisar antara Rp 1000 - Rp 10.000. Perkedel dan sate kerang adalah makanan yang paling disukai pengunjung disini. Perkedelnya memiliki ukuran yang pas, bulatnya pas. Perkedelnya empuk dan memiliki rasa khas kentang yang gurih di dalamnya.

Sate kerangnya juga enak sekali. Rasa kerangnya manis-manis gurih dan ukuran kerangnya besar-besar. Sate kerang disini tidak berbau amis dan saat digigit konsistensinya kenyal sekali. Doki mencoba menambah kuah sate kerang ke dalam mangkok soto dan hasilnya membuat rasa soto menjadi semakin gurih. Oke, tambah 1 porsi lagi deh hehehehe. selain sate kerang, Doki doyan juga sate kulit dan sate ampela disini.

(Gambar 8. Seporsi Soto ayam bokoran. Harga Rp 9000,- saja)

Ukuran mangkok soto disini memang kecil-kecil nih teman-teman. Kalau kalyan merasa kurang, tinggal tambah saja 1 porsi atau setengah porsi. Biasanya pengunjung disini pada nambah, sama seperti Doki yang nambah 1,5 porsi hehehehe. Kalyan juga bisa tambah ayamnya saja lho seperti potongan paha, sayap, dada, kepala, dan lain-lain.

Secara keseluruhan, Makanan disini enak-enak semua, terutama bagi kamu pecinta jeroan ayam. Disini lengkap banget sate jeroannya. Doki sangat merekomendasikan kalyan untuk mencoba soto ayam bokoran ini kalau berkunjung ke Semarang. Hacep sob!

(Gambar 9. Soto ayam bokoran. Semua enak, semua senang, semua puas)

#Gaztrogram Soto Ayam Bokoran

Soto Ayam Bokoran

Alamat: Jl. Plampitan No 55, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Telepon: (+62)24 356 7402

Harga: Rp 1.000 - Rp 10.000
Instagram: -

Rasa: 4 Jempol (4/5)
Pelayanan: 3 Jempol (3/5)
Kebersihan: 2 Jempol (2/5)
Suasana: 2 Jempol (2/5)

Parkiran: ada, tetapi sulit
Wifi: tidak ada
Mushola: tidak ada
Pembayaran: cash

#Gaztrogram Soto Ayam Bokoran Semarang = 3 Jempol (3/5)

Salam Gaztrogram
Terima Kasih

#Gaztrogram SEMARANG

HELLO SEMARANG, HELLO KALYAN

Hello, It's me. I was wondering if after all this years you'd like to meet. 4 bulan lamanya Doki tidak nge-blog karena beberapa kesibukan pekerjaan disana disini disitu dan beberapa drama. Sepertinya lirik lagu "hello" Adele ngena banget yaa buat kisah blogging ini hehehehe.

Selama 4 bulan kemarin, Doki sudah keliling ke beberapa tempat seperti ke Samarinda, Balikpapan, Derawan, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Banyak kisah juga yang sudah terjadi selama 4 bulan kemarin dan Doki akan berbagi cerita dengan kalyan semua. Doki mau cerita tentang Semarang dahulu.

(Gambar 2. Doki jalan-jalan bersama WeTheFoodies di Semarang)

Temen-temen, kalyan tau WeTheFoodies yakan. Doki ini salah satu dari anggota utama komunitas WeTheFoodies. Mungkin temen-temen sering bertanya-tanya dalam hati, sebenarnya ada berapa sih jumlah anggota utama WeTheFoodies. WeTheFoodies itu beranggotakan 9 orang. Kami terbentuk pada tanggal 1 Oktober 2014 dan kami jalan-jalan ke Semarang pada bulan Oktober 2015 kemarin dalam rangka merayakan 1 tahun WeTheFoodies. Alhamdulillah.

(Gambar 3. Soto Ayam Bokoran, Semarang)

Doki dan teman-teman WeTheFoodies wisata kuliner dan wisata ke berbagai tempat di Semarang. banyak sekali tempat makan yang Doki kunjungi. Kuliner Semarang juga mantab sekali rasanya, enak badai deh pokoknya.

(Gambar 4. Bus Scania IPOMI. Liburan mewah ala WeTheFoodies bersama Scania IPOMI dan travel @avventuraindonesia)

Doki dan teman-teman WeTheFoodies melakukan perjalanan dari Jakarta-Semarang-Jakarta menggunakan bus mewah Scania IPOMI. Ini pengalaman pertama Doki naik bus sebagus ini. Di dalam bus Scania IPOMI ini terdapat toilet, meja makan untuk 4 orang, mini pantry, kursi pijat, meeting room with smoking area, dan kursi penumpang yang super eksklusif dilengkapi dengan TV.

(Gambar 5. Bus Scania IPOMI. Bus super nyaman, serasa seperti rumah berjalan)

Bus ini biasanya dipakai oleh pejabat-pejabat dan "orang ada" di negara ini. Wah, memang rejeki anak soleh deh Doki bisa merasakan pengalaman liburan pakai bus Scania IPOMI ini. Alhamdulillah.

(Gamabar 6. Ayo coba kalyan tebak ini hotel atau rumah)

Doki keliling Semarang cukup lama. Setelah teman-teman WeTheFoodies kembali ke Jakarta, Doki masih melanjutkan perjalanan di Semarang. Doki mencoba 2 tempat untuk menginap yang berbeda dari yang biasanya. Doki akan berbagi pengalaman menginap disini sehinggga kalyan akan mendapatkan referensi baru jika akan mencari penginapan di Semarang.

Yuk ikuti kisah perjalanan Doki selama di Semarang bulan Oktober 2015 kemarin.

Terima kasih. Salam gaztrogram